Try to Speak English Like a Master Now!

Kamis, 17 Februari 2011

Memori




Memori berfungsi menjembatani prossesor dengan hard disk. Yang dimaksud memori di sini adalah suatu kelompok chip yang mampu menyimpan instruksi atau data. CPU sendiri dapat melakukan salah satu dari proses berikut terhadap memori tersebut, yaitu membacanya (read) atau menuliskannya/menyimpannya (write) ke memori tersebut. Memori ini diistilahkan juga sebagai memori utama.

Tipe chip yang banyak dikenal pada memori utama ini adalah DRAM (Dynamic Random Access Memory). Kapasitas atau daya tampung dari satu chip memori ini bermacam-macam, ada yang 128 MB, 256 MB, 1 GB dan seterusnya. Oleh karena memori digunakan untuk mempercepat perpindahan data, sehingga data akan lebih gampang dan cepat untuk diakses jika ukuran memori suatu RAM makin besar. Maka untuk mempercepat kinerja computer, anda membutuhkan manajemen memori yang tepat.

Beberapa trik yang dapat digunakan:

1.      - Menghentikan proses yang berjalan dan menggunakan jumlah memori yang besar. Anda dapat mengeceknya dengan cara membuka Task Manager. Klik Ctrl+Alt+Del kemudian pilih Start Task Managaer.

- Membuka Registry Editor dengan cara mengetikkan regedit pada menu run kemudian klik Enter/OK . Arahkan kursor anda ke HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ SessionManager \ MemoryManagement. Pada panel kanan, cari value Disable Pagaging Executive, lalu klik 2 kali pada value tersebut. Pada kotak isian yang muncul, isi value dengan nilai 1 kemudian klik OK. Lanjutkan dengan mengklik 2 kali pada LargeSystemCache, pada kotak isian yang muncul, isi dengan nilai 1 kemudian klik OK. Tutup jendela Registry Editor. Restart komputer anda dan rasakan perubahannya. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar